Inspiratif! Dua SD Pedalaman Ini Sukses Kembangkan Perpustakaan Sekolah

12 Desember 2018
Share Via

educare.co.id, Jakarta – Perpustakaan sekolah merupakan faktor penting dalam menumbuhkan minat baca siswa. Hanya saja, mengutip data statistik pendidikan SD yang dipublikasikan Kemendikbud pada tahun 2018, sebanyak 36,22 persen SD di Indonesia masih belum memiliki perpustakaan sekolah. 

Ketiadaan perpustakaan sekolah itu juga pernah terjadi selama 14 tahun di SDN 173/V Tanjung Benanak yang berada di perkampungan transmigrasi SP3 Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi. Sejak berdiri tahun 1996 sampai 2011, sekolah ini tidak memiliki perpustakaan sekolah.

"Keterbatasan ruang kelas dan tidak adanya buku bacaan membuat kami belum memikirkan perlu adanya perpustakaan sekolah," kata Kartika Isnaini, Pustakawati SDN 173/V Tanjung Benanak saat memaparkan pengalamannya meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah pada acara Festival Perpustakaan Kemdikbud 2018.

Sulap Toilet Rusak Jadi "Gudang" Ilmu

Inspirasi untuk membuat perpustakaan muncul pada akhir tahun 2011 setelah sekolahnya mendapat bantuan buku bacaan dan pelatihan mengembangkan budaya baca dari Tanoto Foundation. "Kami memanfaatkan toilet rusak berukuran 2 x 3 meter direnovasi menjadi perpustakaan sekolah. Ukurannya kecil tetapi kami menggerakkan budaya baca melalui perpustakaan ini. Buku-buku bacaan mulai kami sebarkan ke pojok-pojok baca di semua kelas. Saya pustakawati yang mengatur sirkulasi pembaruan bukunya," tukas Kartika, dikutip dari kemdikbud.go.id, Selasa (4/12).

Kartika menyadari kunci keberhasilan meningkatkan budaya baca adalah penyediaan buku-buku bacaan baru yang berkelanjutan. Untuk itu dia bersama kepala sekolah dan para guru memikirkan cara untuk memperbarui buku di saat sekolah memiliki keterbatasan anggaran. Mereka mendapatkan empat gagasan yang langsung ditindaklanjuti.

Pertama, mendatangi kepala desa setempat untuk mendapatkan pinjaman buku perpustakaan desa. Hasilnya, sekolah mendapatkan pinjaman 200 buku bacaan persemester. Kedua melibatkan alumni untuk menyumbang satu buku bacaan sebelum mereka lulus. Ketiga, menganggarkan dana bos sekitar empat persen untuk membeli buku bacaan. Keempat, orang tua siswa dilibatkan untuk membelikan buku-buku kesukaan siswa. Buku itu setelah dibaca anaknya, mereka dapat saling bertukar buku dengan temannya. "Dari upaya ini, setiap semester kami mendapat sekitar 400an buku bacaan baru," tegas Kartika.

Upaya kreatif tersebut membuat para siswa memiliki banyak pilihan buku untuk dibaca. Buku-buku tersebut disebar ke setiap kelas agar siswa lebih mudah membacanya. Sekolah juga membuat program kampanye membaca setiap hari. Program ini sudah dilakukan sejak tahun 2014 sebelum kebijakan membaca 15 menit dijalankan Kemdikbud.

Inisiatif baik ini, membuat sekolah mendapat penghargaan dari Tanoto Foundation. Sekolah mendapat bantuan pembangunan perpustakaan baru berukuran 36 meter persegi yang dilengkapi lemari, mebeleir, dan buku-buku bacaan. Bantuan ini semakin membuat program budaya baca sekolah berkembang. Sekolah membuat jadwal rutin, setiap kelas wajib mengunjungi perpustakaan seminggu dua kali. Baik untuk kegiatan pembelajaran atau membaca rutin.

Setelah siswa senang dan terbiasa membaca, sekolah memiliki program untuk mendorong siswa lebih memahami isi buku yang dibaca. "Bentuknya dengan melatih siswa menulis, menceritakan kembali isi buku, menggambar tokoh buku dalam poster, atau membuat kegiatan bedah buku," terang Kartika.

Di sekolah ini, lanjutnya, sejak kelas tiga para siswa sudah dibiasakan membuat buku cerita sendiri. Ide, gambar, dan isi ceritanya semua dari siswa. Guru membimbing mereka dalam proses pembuatannya. Setelah selesai dibuat, buku tersebut dijilid sendiri. Bukunya disimpan di pojok baca kelas dan juga di perpustakaan sekolah. "Ternyata buku buatan siswa juga menarik minat siswa lain untuk membacanya," kata Kartika sembari menunjukkan buku-buku hasil tulisan siswa.

Menurut Kartika, keteladanan menjadi faktor penting keberhasilan dalam menumbuhkan minat membaca. "Saat meminta anak membaca, maka guru, kepala sekolah, dan orang tua juga harus membaca," pungkasnya.

Perpustakaan Kecil Terbaik

Pengalaman mengembangkan perpustakaan sekolah, juga diuraikan Srianni Ritonga, Kepala SDS RGM Bloksongo. Sekolahnya memiliki ruang perpustakaan sekolah yang juga tidak terlalu luas, sekitar 23 meter persegi. Dengan beragam program untuk meningkatkan kemudahan membaca buku, perpustakaan sekolah ini diganjar menjadi juara 1 perpustakaan SD terbaik sekabupaten, dan tahun 2018 ini meraih juara 2 perpustakaan SD terbaik seprovinsi Sumatera Utara.

Sebelumnya, perpustakaan sekolah menyatu dengan ruangan guru. Pintu masuk pun berhadapan dengan toilet sehingga membuat ruangan perpustakaan menjadi tempat yang tidak nyaman. Koleksi buku bacaan juga hanya sekitar 30 buku saja padahal jumlah siswanya lebih dari 200.

"Kami mengawali perbaikannya dengan menata perpustakaan menjadi tempat membaca yang nyaman untuk membaca dan belajar. Perpustakaan yang dulunya pengap, direnovasi dan diberi karpet agar siswa bisa lesehan membaca. Buku-buku bacaan diperbarui dengan menggandeng Tanoto Foundation, perpustakaan daerah, orang tua, dan mengalokasikan dari dana BOS," kata Srianni.

Ruangan perpustakaan yang tidak besar, membuat sekolah menyediakan alternatif tempat untuk membaca. Misalnya, membuat pondok baca berukuran 2x8 meter, memanfaatkan teras kelas menjadi teras membaca, dan membuat sudut baca di semua kelas. Buku-bukunya disuplai dari perpustakaan sekolah. Seminggu sekali pustakawan sekolah mengganti buku-buku bacaan di tempat-tempat membaca tersebut. "Upaya ini yang membuat kami mendapat penghargaan sebagai perpustakaan SD terbaik," ujar Srianni.

Perlu Disebarluaskan

SDN 173 Tanjung Benanak dan SD RGM Bloksongo adalah dua sekolah mitra Tanoto Foundation. Sejak tahun 2010-2017, Tanoto Foundation membantu meningkatkan kualitas pembelajaran, budaya baca, dan lingkungan sekolah di lebih dari 500 sekolah dasar di Provinsi Sumatera Utara, Jambi, dan Riau. 

Mulai tahun 2018, menurut Direktur Program PINTAR Tanoto Foundation, Stuart Weston, dukungan program peningkatan kualitas pendidikan dasar ini diperluas di Provinsi Jawa Tengah dan Kalimantan Timur. "Perluasan program juga mencakup di SD, MI, SMP, dan MTs. Targetnya dalam lima tahun ke depan ada lebih dari 12.000 sekolah dan madrasah yang mendapat manfaat program peningkatan kualitas pendidikan dasar Tanoto Foundation," kata Stuart.

Praktik baik di dua sekolah tersebut, menurut Susanti Sufyadi dari Direktorat Pembinaan SD Kemdikbud, perlu disebarluaskan. Walaupun berada di pedalaman, mereka bisa menghadirkan kelas yang kaya yang literasi. Perpustakaan sekolah bisa mendukung program literasi sekolah. Semua kelas disediakan buku-buku bacaan yang diperbarui rutin sehingga anak terstimulus untuk membaca.

"Di dalam pembelajaran siswa juga lebih banyak berpraktik dan menganalisa berbagai informasi. Bahkan mereka sampai membuat laporan dalam bentuk buku tutorial yang ditulis dengan kata-kata siswa sendiri. Kegiatan ini mengembangkan dimensi berpikir level tinggi, inilah bentuk pembelajaran HOTS," kata Susanti. 

Praktik baik dua sekolah tersebut juga dinilai telah sesuai dengan panduan yang dikeluarkan Kemdikbud. Pembelajarannya juga tidak harus canggih. Cukup sederhana, humanis, dan bisa mengakomodir kebutuhan anak. "Inilah bukti bahwa pembelajaran HOTS bisa dilaksanakan semua sekolah," tukas Susanti.

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Teknologi - 18 September 2019 21:08:23 wib

Trakindo Hadirkan Teknologi Terdepan "Cat® MineStar™ System" 

educare.co.id – Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang memiliki sumbangsih besar bagi pembangunan negeri. Dalam operasionalnya, beragam tantangan perlu dihadapi para pelaku industri pertambangan;
Teknologi - 07 September 2019 08:59:30 wib

Setelah Romuria, PT. Versa Technology Luncurkan Aplikasi ATRIS

educare.co.id, Jakarta - PT Versa Technology sebagai Perusahaan Teknologi Informasi yang berdiri sejak tahun 2004 melakukan inovasi produk terbaru untuk para mitra usaha yang ada dengan menekuni bidang usaha  PPOB
Edu News - 07 September 2019 05:48:39 wib

tiket.com Rayakan 8 Tahun Kesuksesan dan Pencapaian Terbaik

educare.co.id, Jakarta – Memperingati 8 tahun perjalanannya sebagai pionir online travel agent (OTA) di Indonesia, tiket.com usung tema UltimEight. Kata UltimEight sendiri berasal dari kata Ultimate yang diartikan
Edu News - 06 September 2019 21:19:13 wib

‘Anak Betawi’ Penuhi Panggilan Sejarah

educare.co.id, Jakarta - Suku Betawi sebagai bagian dari warga Ibu Kota sekaligus tuan rumah di DKI Jakarta  memiliki tanggung jawab untuk melestarikan dan mengambangkan adat, tradisi serta kebudayaan Betawi,
Sains - 12 Agustus 2019 18:38:43 wib

Mengenal Risha dan Bale Kohana, Rumah Tahan Gempa Garapan Pemerintah

educare.co.id, Jakarta - Posisi Indonesia yang berada di tengah Cincin Api Pasifik, membuat Negara kepulauam ini cukup akrab dengan bencana gempa bumi. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah gempa besar melanda
Health - 11 Agustus 2019 07:54:22 wib

Takut Menyantap Daging Kurban? Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Solusi Penderita Darah Tinggi

educare.co.id, Jakarta - Momen Idul Adha selalu identik dengan hidangan serba daging, mulai dari sate, tongseng, gulai, rendang, dan sebagainya. Namun perlu diperhatikan juga, ya, batas konsumsinya. Ingat usia, berat
Travel - 10 Agustus 2019 14:04:20 wib

Kamu Harus Tahu: Ini Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Dunia

educare.co.id, Jakarta - Hari Raya Idul Adha dikenal juga dengan nama Hari Raya Kurban. Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 bulan dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam. Pada
Food Corner - 10 Agustus 2019 13:59:01 wib

8 Sajian Khas Idul Adha dari Berbagai Negara, Ada Puding dan Camilan

educare.co.id, Jakarta - Besok, umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Saat merayakan hari suci ini, biasanya umat Muslim berkumpul bersama keluarga. Menyajikan berbagai menu khas yang membuat
Travel - 09 Agustus 2019 16:41:08 wib

Intip 6 Tradisi Unik Sambut Idul Adha di Indonesia, Yuk!

educare.co.id, Jakarta - Idul Adha adalah puncaknya ibadah Haji yang dilaksanakan umat Muslim. Hari raya ini identik dengan menyembelih dan membagikan hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba kepada
Food Corner - 09 Agustus 2019 14:57:36 wib

Bunda, Ini Menu Spesial Serba Daging untuk Idul Adha

educare.co.id, Jakarta - Tak terasa, Hari Raya Idul Adha akan segera tiba. Dua hari lagi, umat Muslim akan merayakan hari yang bahagia. Di hari yang juga disebut Hari Raya Kurban ini, umat Muslim akan melakukan
Edu News - 08 Agustus 2019 17:33:52 wib

Indonesia Masuk Lima Besar di Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia

educare.co.id, Jakarta - Prestasi gemilang kembali diraih siswa Indonesia dalam ajang World School Debating Championship (WSDC) 2019 atau Kejuaraan Debat Antarsekolah Tingkat Dunia. Dalam kejuaraan yang berlangsung di
Edu News - 07 Agustus 2019 09:37:39 wib

Lihat, Yuk! 50 Seni Rupa Koleksi Negara Dipamerkan Selama Agustus

educare.co.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar pameran seni rupa. Pada tahun kedua penyelenggaraan ini, 50 karya seni rupa koleksi negara dipamerkan pada Pameran Seni Rupa
Teknologi - 05 Agustus 2019 19:13:04 wib

Kabar PLN Sengaja Padamkan Listrik Ternyata Hoaks

educare.co.id, Jakarta - Unggahan di media sosial Facebook menyatakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) sering padamkan listrik tanpa pemberitahuan sebelumnya. Kabar tersebut beredar setelah terjadi gangguan aliran
Health - 05 Agustus 2019 15:51:22 wib

Moms, Begini Cara Pemberian ASI yang Benar

educare.co.id, Jakarta - Air susu ibu (ASI) menjadi faktor penting bagi pertumbuhan bayi. Permasalahan yang sering dihadapi ibu menyusui adalah merasa ASI tidak cukup. Padahal, itu hanya salah satunya. Masalah lainnya
Edu News - 05 Agustus 2019 15:06:31 wib

Festival Rawajati 2: Menggugah Kepedulian Masyarakat Akan Seni dan Budaya Betawi

educare.co.id, Jakarta - Indonesia kaya akan khasanah budaya daerahnya. Tiap pulau memiliki seni budaya sendiri yang makin memperkaya keragaman kebudayaan yg ada di Indonesia. Betawi, salah satu suku yang ada di
Travel - 03 Agustus 2019 16:29:54 wib

Pesona Anggi Gida dan Anggi Giji, Danau Indah Perwujudan Laki-Laki dan Perempuan di Pegunungan Arfak

educare.co.id, Jakarta - Dua danau unik nan indah ini berada di Pegunungan Arfak, Papua Barat. Masyarakat setempat meyakini, Danau bernama Anggi Gida dan Anggi Giji ini adalah perwujudan dari laki-laki dan perempuan.
Teknologi - 03 Agustus 2019 15:54:16 wib

Rugi Rp2,8 Triliun per Tahun, Pemerintah Ajak Perangi Peredaran Ponsel BM

educare.co.id, Jakarta - Perdagangan ponsel black market (BM) di Indonesia kian marak. Tak hanya berdampak pada konsumen, tetapi juga bagi industri dan negara. Dari aspek tata niaga, peredaran ponsel BM akan memengaruhi
Family - 03 Agustus 2019 00:39:02 wib

Ingin Anak Gemar Membaca? Terapkan Hal Ini Yuk, Parents!

educare.co.id, Jakarta - Minat baca pada anak harus dibiasakan sejak usia dini. Dimulai dari pola pengasuhan (parenting) di lingkungan keluarga terlebih dulu. Orangtua, sebagai pendidik pertama dan utama, harus aktif
Edu News - 02 Agustus 2019 17:16:32 wib

Hebat! Indonesia Raih Empat Medali di Ajang Olimpiade Kimia Internasional

educare.co.id, Jakarta - Tim Olimpiade Kimia Indonesia berhasil mempersembahkan empat medali di ajang bergengsi Olimpiade Kimia Internasional ke-51 atau 51st International Chemistry Olympiad (IChO) di Paris,
Edu News - 12 Juli 2019 08:47:38 wib

Joinery, Teknik Perkayuan yang Butuh Ketelitian Siswa SMK

educare.co.id, Yogyakarta - Joinery adalah salah satu bidang lomba dalam Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK, yakni berupa teknik merangkai sambungan kayu menjadi suatu karya benda. Dalam bidang lomba Joinery, peserta LKS
Edu News - 12 Juli 2019 08:46:07 wib

​Lagi-lagi DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019

educare.co.id, Manado - Provinsi DKI Jakarta menjadi juara umum dalam ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara, dan Yogyakarta. Dalam kompetisi ini Provinsi meraih 21
Edu News - 26 Juni 2019 11:30:57 wib

Kemenag Buka Seleksi Beasiswa S2 bagi Guru dan Calon Pengawas Madrasah

educare.co.id, Jakarta - Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama membuka program Beasiswa Strata-2 (S2) bagi guru dan calon pengawas madrasah. Program ini berlaku
Edu News - 26 Juni 2019 11:26:25 wib

Menristekdikti Dorong Perubahan Kurikulum Pendidikan Akuntansi Sesuai Tuntutan Revolusi Industri 4.0

educare.co.id, Jakarta - Menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 di masa depan yang begitu dahsyat, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong pendidikan tinggi harus
Edu News - 26 Juni 2019 11:16:48 wib

Berlaga di Olimpiade Fisika Eropa, Kontingen Indonesia Raih Lima Medali

educare.co.id, Jakarta - Kontingen Indonesia yang berkompetisi di ajang Olimpiade Fisika Eropa Tahun 2019 atau  European Physics Olympiad (EuPhO) berhasil mempersembahkan lima medali. Para pelajar Indonesia meraih
Edu News - 22 April 2019 07:15:47 wib

16.666 Siswa Lulus PMDK-PN 2019, Menristekdikti: Peminat Politeknik Meningkat Pesat

educare.co.id, Semarang - Menteri Riset, Teknologi, dan pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengumumkan 16.666 siswa lulus seleksi Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) dan diterima di
Edu News - 22 April 2019 07:08:43 wib

ASTRABI Gelar Kejuaraan Silat Betawi Dari Tradisi Ke Prestasi

educare.co.id, Jakarta - Indonesia, dikenal sebagai negara yang memiliki keberagaman suku, adat, ras, budaya hingga kepercayaan agama. Negara kepulauan dengan jumlah penduduk lebih kurang 200 juta jiwa ini menyatukan
Edu News - 22 April 2019 07:02:02 wib

Kemendikbud dan PT. Pos Indonesia Tandatangani Kerja Sama Dukung Gerakan Literasi Nasional

educare.co.id, Jakarta - Sebagai upaya mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan PT. Pos Indonesia (Persero) menandatangani nota kesepahaman tentang pemanfaatan
Edu News - 22 April 2019 06:51:13 wib

Pendidikan Karakter Harus Diiringi dengan Pembekalan Keterampilan dan Pengetahuan

educare.co.id, Surabaya - Pada hakikatnya, pendidikan karakter yang digaungkan saat peluncuran Kurikulum 2013, tidak berdiri sendiri. Ada rumus tertentu dalam mewujudkan generasi emas pada 100 tahun kemerdekaan Republik
Edu News - 22 April 2019 06:48:36 wib

Menggali Informasi Non-Kognitif Di Balik Nilai UN Siswa

educare.co.id, Jakarta - Salah satu yang membedakan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2019 dari tahun sebelumnya adalah rencana diadakannya angket siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
Edu News - 20 April 2019 15:59:57 wib

SMPN 16 Kota Depok Siap lkuti UNBK 2019

educare.co.id, Depok – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Kota Depok mengatakan kesiapannya dalam mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019.  Menurut Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 16
INSTORY