Kamu Harus Tahu: Ini Tradisi Unik Idul Adha di Berbagai Dunia

Jamil
10 Agustus 2019
Share Via

educare.co.id, Jakarta - Hari Raya Idul Adha dikenal juga dengan nama Hari Raya Kurban. Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 bulan dzulhijjah, yang merupakan bulan terakhir tahun Hijriah dalam penanggalan Islam. Pada Minggu (11/8/2019), umat Muslim di dunia akan merayakan Idul Adha. 

Hari Raya yang bertepatan dengan datangnya “musim haji” ini menjadi momen menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama. Seperti saat perayaan Idul Fitri, saat Idul Adha, semua umat Muslim biasanya juga melakukan tradisi silaturahmi. Berkunjung ke rumah saudara, tetangga, dan teman-teman terdekat.

Masing-masing negara punya cara dan tradisi tersendiri untuk merayakan Idul Adha. Jika di Indonesia, dikenal dengan tradisi bergotong-royong dalam menyembelih dan membagi-bagikannya ke warga. Lantas, seperti apa perayaan Idul Adha di belahan dunia? Simak tradisi unik saat Idul Adha dari berbagai negara lainnya, yuk!

Inggris

Umat Muslim yang merayakan Idul Adha di Inggris juga memulai hari dengan melakukan sholat Ied dan dilanjutkan dengan berbagi daging kurban. Dilansir Time And Date, bagi orang Inggris, Idul Adha adalah ‘Savory Ied’ atau “Ied Gurih’ karena makanan yang dihidangkan saat Idul Adha kebanyakan adalah makanan yang gurih.

Makanan yang disajikan umumnya dari Timur Tengah dan India seperti kebab, haleem (bistik daging dengan gandum dan kacang-kacangan), serta biryani (nasi dengan daging pedas). Setelah itu, mereka akan menyediakan hidangan penutup yang manis seperti kue-kue dan baklava dari Turki.

Cina

Meskipun bukan negara Islam, perayaan Idul Adha di Cina cukup meriah. Jika di Indonesia ramainya Idul Adha saat malam takbiran dan hari H, di Cina, kemeriahannya berlangsung hingga 4 hari. Berminggu-minggu sebelum Idul Adha, warga Muslim Cina sudah mempersiapkan segalanya agar pesanan makanan yang dihidangkan sebelum dan sesudah Idul Adha terpenuhi.

Umat Muslim di Cina juga melakukan tadarus (membaca) Al Qur’an, melantunkan shalawat, dan berkumpul dengan sesama Muslim lainnya. Selama 4 hari, mereka bertukar bingkisan serta memasak untuk buka puasa arafah dan dimakan bersama-sama, seperti pesta kecil yang hangat. 

Uni Emirat Arab

Bagi warga Uni emirat Arab, Idul Adha merupakan waktu untuk memakai pakaian baru. Para wanita akan mengecat rambut mereka dan menggunakan parfum. Selain itu, tangan anak-anak dan para wanita akan dihias dengan menggunakan henna.

Menurut Abu Dhabi Culture, saat melakukan silaturahmi, tamu di negara itu akan disediakan makanan manis, buah, kurma, kopi, dan teh. Suasana Idul Adha semakin ceria karena anak-anak biasanya diberikan baju baru.

Bangladesh

Jika tradisi mudik di Nusantara dilakukan untuk merayakan Idul Fitri, berbeda dengan Bangladesh. Tradisi mudik di Bangladesh dilakukan ketika perayaan Idul Adha. Mereka rela mengantre tiket jauh hari sebelumnya agar dapat pulang kampung dan menikmati liburan bersama keluarga. Semua stasiun, terminal, dan tempat untuk naik dan turun alat transportasi akan terlihat penuh. Mereka rela berdesakan bahkan sampai naik ke atas gerbong kereta.

Ini dilakukan karena menurut masyarakat Muslim di Bangladesh, Idul Adha membawa banyak kebahagiaan dan berkah bagi umat Muslim. Tak hanya itu, dalam penyembelihan hewan qurban juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang serta hewan harus benar-benar sehat serta dewasa.

Mesir

Bangsa Mesir mengadakan pulang kampung beberapa hari sebelum Idul Adha. Mereka akan menyetok bahan makanan jauh untuk jangka waktu seminggu. Kalau tidak, mereka akan kehabisan stok makanan karena banyak pedagang yang melakukan mudik.

Warga Mesir biasanya merayakan Idul Adha dengan menyantap makanan serba daging. Menurut situs pariwisata Mesir, Ask Aladdin, pada saat sarapan, warga Mesir biasa memakan daging yang telah dipotong kotak-kotak atau tumis hati. Daging tersebut dimakan dengan fatta, yaitu nasi yang dimasak dengan saus tomat.

Pakistan

Ada dua tradisi unik di Pakistan ketika Idul Adha. Pertama, hewan kurban yang akan disembelih dimandikan terlebih dahulu. Sebelum disembelih, hewan yang akan dijadikan kurban harus dalam keadaan bersih dan suci. Hal ini akan menenangkan hewan agar tidak stress sebelum disembelih.

Kedua, warga Pakistan mendapat libur selama 4 hari. Jadi, mereka dapat berkumpul bersama keluarga untuk merayakan hari raya dan makan hidangan daging bersama. 

Turki

Di Turki, Idul Adha dirayakan selamat empat hari. Perayaan Idul Adha di Turki tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, dimulai dengan sholat Ied kemudian dilanjutkan menyembelih hewan kurban. Uniknya, menurut Time and Date, hewan yang akan dikurbankan di Turki biasanya akan dihias dengan menggunakan henna dan pita.

Daging hasil menyembelih kurban kemudian dinikmati bersama-sama dengan tetangga dan keluarga terdekat. Sementara itu, anak-anak akan mendatangi tetangga dan keluarga yang lebih tua untuk mencium tangan mereka sebagai tanda penghormatan. 

India

Menurut India.com, Idul Adha merupakan waktu perayaan yang penting bagi warga kota Srinagar, ibu kota dari negara bagian Jammu dan Kashmir, India. Sebelum Hari Raya Idul Adha datang, warga Srinagar berbelanja baju dan hadiah untuk keluarga dan teman terdekat. 

Apabila Idul Adha jatuh pada bulan Agustus atau September, maka akan bertepatan dengan waktu liburan sehingga kota ini akan dipenuhi turis. Tiga hari menuju Idul Adha, biasanya akan diadakan festival. Jika momen bertepatan dengan liburan, pedagang roti, daging, serta makanan manis di festival akan dipenuhi warga dan turis. 

Bagaimana reaksi Anda tentang berita ini?

Berikan komentar terkait berita ini

BERITA LAINNYA

Edu News - 05 Februari 2020 11:18:01 wib

Jaipur Literature Festival 2020 Dikunjungi Pecinta Literatur dari Berbagai Negara

educare.co.id, Jaipur - Ada pemandangan tak biasa di kota Jaipur, Ibu kota Negara Bagian Rajasthan, India, pada tanggal 23 -- 27 Januari 2020 lalu.  Di kota yang berjuluk Pink City of India ini
Edu News - 29 Januari 2020 16:55:21 wib

Kebijakan Kampus Merdeka Beri Otonomi Perguruan Tinggi Buka Prodi Baru

educare.co.id, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meluncurkan kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka, bagi perguruan tinggi, di Lantai 2 Gedung D, Kemendikbud, Jumat
Edu News - 23 Januari 2020 17:45:47 wib

Menag Ingatkan Pimpinan PTKIN Cetak Generasi Unggul dan Nasionalis

educare.co.id, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi menerima 40 pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Menag mengingatkan agar PTKIN fokus mencetak generasi yang unggul dan bernasionalisme
Edu News - 23 Januari 2020 17:43:00 wib

Kemenag Kembali Buka Seleksi Calon Mahasiswa S1 Timur Tengah

educare.co.id, Jakarta - Kementerian Agama akan kembali membuka seleksi calon mahasiswa S1 untuk kuliah di Timur Tengah. Ada tiga negara tujuan, yaitu: Mesir, Sudan, dan Maroko. Kemenag membuka program beasiswa dan
Edu News - 23 Januari 2020 17:37:51 wib

LTMPT: Aktuaria, Program Studi Baru yang Jadi Favorit Calon Mahasiswa

educare.co.id, Jakarta -  Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, tahun ini tren program studi favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa
Edu News - 23 Januari 2020 17:35:14 wib

BSNP Ulas Hasil Evaluasi UN 2019

educare.co.id, Jakarta - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengulas tentang hasil evaluasi ujian nasional (UN) 2019. Dari evaluasi tersebut, Anggota BSNP, Kiki Yulianti, menyebutkan perlu ada penambahan
Edu News - 23 Januari 2020 17:32:14 wib

Tahun 2020 Satuan Pendidikan Merdeka Selenggarakan Ujian Sekolah

educare.co.id, Jakarta - Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merevisi Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional (UN) Tahun 2019/2020.  Hasil revisi tersebut tercantum dalam Peraturan BSNP Nomor
Edu News - 22 Januari 2020 03:11:53 wib

Mendikbud: Menanamkan Kecintaan Membaca Harus Dimulai dari Rumah

educare.co.id, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan untuk menanamkan kecintaan membaca di kalangan generasi muda harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari rumah.
Edu News - 22 Januari 2020 03:10:09 wib

Revisi POS UN 2019/2020, Jadwal dan Sistem Ujian Tidak Berubah

educare.co.id, Jakarta - Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berlangsung dua bulan lagi, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyampaikan perubahan pada Prosedur Operasional
Edu News - 17 Januari 2020 09:36:24 wib

Siswa MAN 2 Sleman Raih Medali Perak Kompetisi Riset Internasional

educare.co.id, Sleman - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sleman harumkan nama Indonesia dengan prestasi internasional. Adalah Khodijatul Kubro dan Dwi Amalia, keduanya meraih medali perak International Science,
Edu News - 14 Januari 2020 12:12:55 wib

Awal 2020, Siswa MAN 1 Kudus Ikuti Kompetisi Riset Nasional dan Internasional

educare.co.id, Kudus - Madrasah Aliyah Negeri 1 Kudus akan mengirimkan tim pada ajang kompetisi riset nasional dan internasional yang akan dilaksanakan sepanjang Februari hingga Mei 2020.  “Memasuki
Edu News - 14 Januari 2020 12:07:50 wib

Menristek/Kepala BRIN: Kampus Muhammadiyah Perlu Kembangkan Riset Bermanfaat Ekonomi Bagi Masyarakat Sekitar

educare.co.id, Yogyakarta -  Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/Kepala BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro mengapresiasi peningkatan hasil atau output
Edu News - 14 Januari 2020 12:01:49 wib

Perubahan Nomenklatur, Direktorat Jenderal Kebudayaan Pastikan Layanan Tetap Berjalan

educare.co.id, Jakarta -  Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Hilmar Farid, memastikan bahwa perubahan nomenklatur yang terjadi di tubuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), khususnya di
Edu News - 08 November 2019 20:48:49 wib

340 Siswa Pilihan Ikuti Kemah Pendidikan Karakter di Bogor

educare.co.id, Jakarta - Sebanyak 340 pelajar SMA mengikuti Kemah Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SMA melalui Kepramukaan (KEPAK) 2019. KEPAK diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA Kemendikbud bekerja sama dengan
Sains - 07 November 2019 17:13:44 wib

Cantiknya Dua Spesies Baru Anggrek dari Papua dan Sulawesi

educare.co.id, Purwodadi – Di Indonesia, setidaknya ada 5.000 spesies anggrek. Karena itu, Indonesia mendapat predikat sebagai salah satu negara dengan keragaman anggrek terbanyak di dunia.  Apalagi,
Edu News - 07 November 2019 16:47:09 wib

Wujud Apresiasi Kemendikbud kepada Pegiat PAUD dan Pendidikan Keluarga

educare.co.id, Jakarta - Sebagai wujud apresiasi kepada para sosok yang telah berkontribusi dalam kemajuan pendidikan anak usia dini dan pendidikan keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbd) melalui
Edu News - 07 November 2019 16:33:33 wib

2 Juta Buku untuk Wilayah 3T

educare.co.id, Jakarta - Dalam rangka menjalankan amanat Nawacita Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya membangun Indonesia dari daerah pinggiran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
Edu News - 07 November 2019 16:15:56 wib

PAUD dan Pendidikan Keluarga Penting guna Mendukung Perkembangan Anak

educare.co.id, Jakarta — Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD dan Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Konferensi
Teknologi - 06 November 2019 09:36:19 wib

2022 Indonesia Bisa Menjadi Pusat Ekonomi Digital Dunia

educare.co.id, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan Indonesia dapat menjadi negara pusat ekonomi digital dunia. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani
Teknologi - 06 November 2019 09:34:22 wib

Waspada! Penipuan Tiket Promo Online Taman Safari Indonesia

Educare.co,id, Jakarta - Perkembangan teknologi informasi saat ini berkembang begitu pesat di berbagai negara. Terutama di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Dalam empat tahun terakhir, Indonesia terus mendorong
Edu News - 05 November 2019 15:31:58 wib

Bogor Silat Championship Serie 2, Wadah Penguatan Karakter Siswa

Bogor Silat Championship Serie 2, Wadah Penguatan Karakter Siswa   educare.co.id, Bogor - Dalam rangka meningkatkan kepribadian yang kuat dan semangat kebangsaan dalam membentuk manusia yang berkarakter dan
Edu News - 05 November 2019 15:22:09 wib

9 Sekolah Terima Penghargaan Program Gizi untuk Prestasi

educare.co.id, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) memberikan penghargaan
Edu News - 05 November 2019 15:14:44 wib

Wow! Kota Ambon Ditetapkan Sebagai Kota Musik Dunia oleh UNESCO

educare.co.id, Jakarta - Kota Ambon ditetapkan sebagai sebagai Kota Kreatif kategori Musik oleh organisasi pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, The United Nations Educational, Scientific and Cultural
Edu News - 05 November 2019 15:06:32 wib

12 Karateka Muda Ikuti Kompetisi Karate Internasional di Belgia

educare.co.id, Jakarta - Sebanyak 12 siswa jenjang SD dan SMA ke kompetisi karate internasional di Belgia. Mereka adalah para juara Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) bidang karate yang mengikuti 4th Edition of
Edu News - 05 November 2019 14:52:01 wib

Atasi Kekurangan Guru di Daerah 3T, Kemendikbud Bekali Personel TNI Kompetensi Mengajar

educare.co.id, Padang - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya mengatasi kekurangan guru di daerah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Salah satu upaya yang ditempuh adalah membekali
Edu News - 00 0000 01:54:42 wib

Mendikbud Nadiem Makarim: Asas Gotong Royong Jadi Kata Kunci

educare.co.id, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjalani acara serah terima jabatan dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Entertainment - 25 Oktober 2019 01:49:14 wib

Tiket.com Aviation Academy Memberikan Wajah Baru KidZania Jakarta

educare.co.id, Jakarta - Menjadi salah satu Online Travel Agent ternama di Indonesia yang menyediakan segala jenis tiket, tiket.com hadir di KidZania Jakarta dan meresmikan establishment (wahana) Tiket.com
Teknologi - 18 September 2019 21:08:23 wib

Trakindo Hadirkan Teknologi Terdepan "Cat® MineStar™ System" 

educare.co.id – Industri pertambangan merupakan salah satu sektor yang memiliki sumbangsih besar bagi pembangunan negeri. Dalam operasionalnya, beragam tantangan perlu dihadapi para pelaku industri pertambangan;
Teknologi - 07 September 2019 08:59:30 wib

Setelah Romuria, PT. Versa Technology Luncurkan Aplikasi ATRIS

educare.co.id, Jakarta - PT Versa Technology sebagai Perusahaan Teknologi Informasi yang berdiri sejak tahun 2004 melakukan inovasi produk terbaru untuk para mitra usaha yang ada dengan menekuni bidang usaha  PPOB
Edu News - 07 September 2019 05:48:39 wib

tiket.com Rayakan 8 Tahun Kesuksesan dan Pencapaian Terbaik

educare.co.id, Jakarta – Memperingati 8 tahun perjalanannya sebagai pionir online travel agent (OTA) di Indonesia, tiket.com usung tema UltimEight. Kata UltimEight sendiri berasal dari kata Ultimate yang diartikan
INSTORY